Selasa, 19 April 2011

Sick

Lima hari terhenti dari aktivitas sehari-hari oleh satu sebab “SAKIT”. Yup, sakit yang menyapaku tanpa permisi. Kulihat tubuhku dalam cermin sungguh memprihatinkan, makin kurus. Tinggal tulang… Ups….

Padahal aku tidak pernah berniat untuk diet seperti pikiran banyak orang yang merasa dirinya gemuk. Meski tidak langsing, aku nyaman dengan diriku.
Jad ingat waktu masih tinggal bareng Mom. (Hiks, jadi sedih nech). Jarang sakit. Sekarang, sakit menjadi jadwal rutin tiap bulan. Jadi kangen sama Mom. Hiks… Hiks…. Jadi makin sedih…….
Mami………
Udah ah nangis bombainya.
Setelah kuperhatikan dari kebisaaan-kebisaaan yang aku kerjakan, ada beberapa kebisaaan buruk yang kerap kulakukan hingga tubuhku mudah letih, lemah, lunglai, lesu, dan letoy… (ditambah satu L lagi, lebay… hihi). Kebisaaan itu adalah:
1. Jarang sarapan
Buat sobat semua, jangan sepele sama masalah yang satu ini. Yup, benar. Sarapan. Sarapan itu penting. Penting banget.
Pekerjaan yang menyita waktu dan tenaga, membuatku sering terlambat sarapan. Bahkan tidak sarapan sama sekali. Padahal, aku harus menghadapai berbagai tingkah manusia. Yang tidak jarang membuatku emosi. Stress. Bagaimana badanku tidak meronta minta tolong ingin istirahat, minta diisi? Kadang kita tidak menyadari bahwa kita terlalu kejam terhadap diri sendiri.
Tidak sarapan berlanjut pada tidak makan seharian. Masih mending kalau puasa. Memang gak boleh makan. Ini kan tidak. Parahnya lagi, minum air putih juga kurang. Asupan gizi yang kuterima tiap hari menjadi kurang dari cukup. Jadi aku gak bisa nyalahin orang lain donk kalau sudah sakit kek gini. Ups….
2. Kebanyakan angin
Maksudnya masuk angin. Karena keseringan masuk angin, jadinya kebanyakan angin deh. Hihi.
Daerah tempat tinggalku sangat panas hingga aku selalu kegerahan. Untuk mengurangi gerah, aku memakai kipas angin. Dimana aku berada, kipas angin tidak akan pernah off. Di tempat kerja, di rumah. Tempat tetangga (ketahuan suka nggosip ke tetangga, hihi). Juga saat tidur. Kalau gak gitu, aku gak bisa terlelap. Mana banyak nyamuk lagi. Sedangkan aku harus istirahat yang cukup. Jadilah kipas angin senjata ampuhku. Emang cukup istirahat sih, tapi cukup banyak juga angin yang masuk ke tubuhku. Gembung dah tuh perut….
3. Kurang olahraga
Yup. Ini adalah hal terjarang yang kulakukan. Berolahraga. Berkeringat. Jantung berdegup cepat. Berhari-hari bisa kulewati tanpa olahraga. Udah berapa tahun ya? .
4. Chiliqueen
Hehe. Ini istilah yang diberi keluargaku karena satu kebisaaan yang tidak bisa kutinggalkan, suka makan cabe. Kalau iklannya sih, “Gak bisa makan tanpa ada cabe”hihi.
Berlebihan dalam mengkonsumsi sesuatu tidak baik untuk kesehatan. Segala yang berlebihan, ujung-ujungnya memang tidak baik untuk kita.
Seperti kebisaaanku ini, saking banyaknya makan cabe, perutku jadi sering mulas, ususku terkikis, erosi dah. Sistem pencernaan yang terganggu mengakibatkan banyak penyakit, seperti diare dan disentri. Aih, sakit nian. Bolak-balik ke kamar mandi. Besok paginya, keliatan seperti hantu. Abis, pucat banget, wajah tirus. Dehidrasi. Kehilangan banyak cairan. Sedangkan yang masuk, gak ada. Kalau sakit, mana selera makan. Lemas banget dah. Gak sanggup ngapa-ngapain lagi.

Sungguh gak enak kalau sakit. Jadi, agar nikmat sehat itu menjadi milik kita sehari-hari, sebaiknya menghindari hal-hal yang mendatangkan penyakit seperti poin yang telah aku sebutkan di atas. Sakit juga mengajarkanku untuk lebih menghargai kesehatan yang telah Tuhan berikan padaku. Sakit yang hanya lima hari telah membuatku sangat menderita, sedangkan Tuhan telah memberiku tahun-tahun yang lebih banyak kulewati dalam keadaan sehat, tapi aku sangat jarang bersyukur.
Selamat menikmati kesehatan ya……

2 komentar:

  1. hmmm itulah..*gaya emak marahin anak*
    jgn cm diceritain aja ya..tp jg harus dirubah tu gaya hidup sehatx..jgn sampe kek pas kuliah tu terjadi lg..masa' uwak gk kapok..

    BalasHapus
  2. iya mak....
    "si anak dengan lesu menjawab"

    BalasHapus

Si cantik elegan sahabat semua kalangan

Di Penghujung tahun 2017, dia hadir. Di antara empat bersaudara dari keluarga Xseries, dia yang tampil menawan bagiku.. "Mu...